Cara pasang USB front

Posted: Juni 15, 2012 in Komputer

Ketika saya libur, iseng aja Otak – atik Mobo bekas yang msh P4 tapi msh layak pakai. Niatnya sih mau di Rakit kembali setelah semuanya terpsang dan udah di install OS tapi msh ada yang ketinggalan, Owwoww pas mau colok Flashdisk di USB front ternyata kabelnya belum disambung… dan ketika saya bongkar case nya di mobo gak ada tulisan atau keterangan untuk tiap Pin nya, wah – wah gimana ini….???? karena jika salah pasang Flashdisk yang dicolok tadi bisa rusak karena tegangannya salah… tak kehilangan akal saya pun langsung aja tanya ke mbah google alhasil saya mendapatkan apa yang dicari. dan saya mau berbagi pengalaman semoga tulisan ini bermanfaat.
Kita tahu di USB ada VCC (5V), terus D- (tegangan -), D+(tegangan+) dan Ground(G), tidak boleh polar (kutub) nya terbalik, sebab ia bekerja di arus DC (arus rata).

Yang paling sering dijumpai warna kabel adalah VCC = merah (orange), D- = putih(kuning),D+ =hijau(biru), dan Ground = hitam. Tetapi ada juga yang berwarna lain biasanya satu warna tetapi ditandai dengan VCC,D-,D+ dan Ground,….

Kabar baiknya casing sekarang, sudah diplot dan dipasang USB dan AUDIO, dengan jenis azalia/AC97 bukan yang settingan HIGH DEFINITION (HD),sehingga tidak perlu lagi memikirkan pin-pin yang akan dipasang, tinggal colok begitu saja.

Dan posting ini akan membantu anda pada terutama pada pemasangan front USB dan AUDIO pada casing yang belum di setting/plot yang tinggal colok, dimana kabel-kabelnya masih tersebar menjadi bagian-bagian yang harus dicolokkan satu persatu.
Lihat pula gambar ini untuk Front_AUDIO, Azalia AC97

Keterangan :
Bila audio depan tidak dipasang “umumnya” ada dua bagian yang dijumper yaitu R-out dengan R-in dan L-Out dengan L-in, karena pada motherboard lama bila tidak “dijumper’ soundnya tidak akan bunyi sekalipun drivernya telah terisi/ada. Tetapi pada motherboard yang terbaru jumper tidak diperlukan dan sound tetap bunyi.
Catatan lain:
Ada dibeberapa casing yang tidak tersedia kabel R-in dan L-in nya, bila yang dicolok hanya R-out dan L-out nya (khusus pada mobo lama), maka tidak bisa sound depan dan belakang bunyi secara bersamaan atau malah hanya sound depan saja yang bisa berfungsi (output sound belakang tidak bunyi), dan kalau demikian adanya kita bisa mengakalinya dengan memberi jumper R-in dan L-in, dengan cara digabungkan R-out dan R-in dengan sebuah kabel, demikian juga L-out dan L-in, sehingga susunan kabelnya menjadi standar yang berlaku untuk azalia/AC97 yakni, mic, mic power/bias, ground, R-out, R-in, L-out dan L-in.

Saran saya adalah agar kita sangat hati-hati dalam memasang dan mengecek ulang susunan kabel F_USB dan F_AUDIO karena kalau salah pasang berakibat “fatal” terbakarnya USB flashdisk atau chipset USB dan Chipset Audio nya.

Untuk pengetesan USB depan sebaiknya memakai mouse terlebih dahulu, bila mousenya menyala berarti ada powernya dan bila mouse jalan berarti benar susunannya, dan untuk mengetes audio gunakan earphone agar “feedback” nya tidak terlalu besar, yang membuat rusak biasanya kesalahan memasang mic/mic power,…

post by : mbuyzblogg.wordpress.com

Komentar
  1. dhamar mengatakan:

    mantapp brow…. matur Teng Qyu….
    bermanfaat sekali…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s